Kamis, 10 April 2014

Posted by Unknown | File under :


Beauty is pain. Begitu kata banyak orang. Istilah itu menggambarkan bahwa untuk tampil sempurna, kaum hawa rela melakukan berbagai cara meski terasa menyakitkan. Tak hanya sekadar sayatan pisau bedah plastik, membakar diri pun rela dilakukan demi terlihat cantik.

Perawatan ini tengah digandrungi kaum wanita di Tiongkok. Mereka rela membiarkan api membara di wajah dan punggung mereka demi terlihat cantik. Perawatan ini disebut facial bara api atau Huo Liao. Fungsinya agar awet muda.

Untuk memulai perawatan ini, wajah akan ditutupi dengan handuk yang disiram alkohol dan cairan khusus yang ramuannya dirahasiakan. Perawatan ini diklaim mampu menstimulasi sel kulit, mengatasi kekusaman dengan regenerasi sel kulit mati, dan menghilangkan kerutan. Tak hanya itu, perawatan ini juga dianggap mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti obesitas dan flu.

Meski tampak berbahaya, namun pihak salon di Tiongkok yang melakukan perawatan ini mengklaim bahwa perawatan tersebut sangat aman dan tidak akan membuat wajah atau bagian tubuh lain benar-benar terbakar.

Perawatan itu dilakukan oleh terapis terlatih. Cairan spesial yang ikut dituangkan ke handuk bersama alkohol tadi hanya membuat wajah merasa hangat saat dibakar.

Meski begitu, Jacob Teitelbaum, penulis real Cause mengatakan bahwa perawatan tersebut belum teruji secara klinis sehingga penggunaannya cukup berbahaya dan sangat mengkhawatirkan. Untuk itu, konsumen harus benar-benar waspada sebelum mencobanya.

"Meskipun alkohol memang dapat membantu penyerapan ramuan khusus tersebut ke dalam tubuh, tetapi membakarnya dengan api merupakan langkah yang sebenarnya tidak perlu," ujarnya seperti dilansir dari odditycentral.

Tetapi ada satu teori yang menyatakan bahwa khasiat perawatan ini mungkin terletak pada respon adrenalin yang muncul dari tubuh si pasien saat wajahnya dibakar. Tingkat adrenalin yang tinggi mampu memengaruhi reaksi kimia tubuh, akibatnya proses pencernaan, metabolisme, dan regenerasi sel menjadi lebih cepat.

0 komentar:

Posting Komentar