Selasa, 23 April 2013

Posted by Unknown | File under :
Dah yakin terbebas dari penyebab ketidaksuburan ini Bunda?! Ayo dibaca!

Masalah sulitnya memiliki keturunan bisa ditimbulkan dari pihak istri ataupun suami. Akan lebih baik bagi kedua belah pihak bersedia memeriksakan diri demi solusi terbaik dalam mendapatkan kehamilan yang sehat.

American Society od Reproductive Medicine merekomendasikan istri berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan jika:

@ Di bawah usia 35 tahun dan telah berusaha untuk hamil selama lebih dari 12 bulan
@ Lebih dari usia 35 tahun dan telah berusaha untuk hamil lebih dari 6 bulan.



Berikut ini beberapa penyebab infertilitas pada wanita:

1. Sumbatan pada saluran telur

Disebabkan oleh adanya pelekatan pada sekitar saluran telur (tuba falopii) sehingga menghambat pertemuan sel telur dan sperma. Pelekatan tersebut dapat disebabkan karena luka akibat infeksi atau pasca tindakan operasi di daerah tersebut.

2. Endometriosis

Sel dinding rahim tumbuh pada tempat yang tidak semestinya, yaitu di luar rahim, hal ini dapat menyebabkan terjadinya pelekatan pada saluran telur dan organ reproduksi.

3. Kelainan lendir leher rahim

Lendir leher rahim (cervical mucus) yang terlalu pekat akan menghambat laju gerak sperma, dan bila terlalu asam dapat mematikan sel sperma.

4. Berat badan tidak seimbang

Masalah berat badan dapat mengganggu kesuburan karena tubuh pelu 17% lemak pada awal masa haid dan 22% di sepanjang siklus haid. Lemak mengandung enzim aromatase yang diperlukan untuk produksi hormon estrogen. Jika persediaan lemak tidak memadai atau justru berlebihan, maka kesuburan pun akan terganggu.

5. Faktor usia

Begitu memasuki usia 35 tahun, kesuburan akan menurun hingga masuk masa menopause. Cadangan sel telur akan semakin berkurang setiap menstruasi hingga habis. Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa fertilitas akan menurun sejalan dengan bertambahnya usia wanita.

6. Stress

Gaya hidup dan kondisi mental yang stress dapat menimbulkan gangguan ovulasi sehingga siklus menstruasi pun tidak teratur, padahal menstruasi yang teratur adalah syarat utama untuk kesuburan wanita.

7. Kelainan rahim

Kelainan rongga rahim karena pelekatan, mioma atau polip, peradangan endometrium dan gangguan kontraksi rahim dapat mengganggu transportasi spermatozoa (sel sperma). Jika kehamilan terjadi sekalipun, resiko terjadi keguguran cukup tinggi.

8. Gangguan ovulasi dan hormonal

Pembuahan tidak akan terjadi bila istri tidak menghasilkan sel telur (ovum) yang dapat dibuahi. Gangguan ovulasi dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Semoga Bunda terhindar dari masalah-masalah ketidaksuburan di atas!

0 komentar:

Posting Komentar