Kamis, 09 Mei 2013

Posted by Unknown | File under :
Indonesia kembali melahirkan superhero baru, lewat film serial ‘Bima Satria Garuda’ yang akan segera tayang 30 Juni nanti. Sebelumnya, Indonesia juga punya banyak superhero nih, yang berasal dari komik lokal. Beberapa di antaranya ada yang difilmkan maupun ada juga yang dibuat serialnya. Ada juga superhero Indonesia yang bukan berasal dari komik.
Ini dia superhero lokal yang ada sebelum lahirnya ‘Bima Satria Garuda’ :


1. Gundala Putra Petir
Lahir dari komik lokal ciptaan Harya Suraminata a.k.a. Hasmi pada 1969, Gundala Putra Petir kemudian difilmkan pada tahun 1981 oleh sutradara Lilik Sudjio. Saat itu merupakan era keemasan komik lokal Indonesia, dan momen tersebut membuat film ini cukup sukses. Alur ceritanya pun sama persis dengan kisah di komiknya, yang beda hanya setting tempatnya aja.

2. Gatot Kaca
Sang jagoan wayang dari kisah Mahabharata ini sempat difilmkan jadi serial film atau sinetron di SCTV. Saat itu pemerannya ialah Darius Sinathrya. Sinetron ini memang nggak terlalu lama usianya, tapi tetap saja sinetron ini jadi salah satu upaya agar superhero lokal Indonesia unjuk gigi di layar kaca.

3. Saras 008
Tepatnya serial film ini tayang pada tahun 1998 di Indosiar. Ceritanya sendiri tentang Saras yang berusaha mengalahkan organisasi jahat yang dipimpin Mr.Blek dari Planet Krismon. Diproduksi oleh Rapi Films, tokoh Saras yang bertingkah dan berkostum seperti kucing ini pernah beberapa kali gonta ganti pemeran. Beberapa di antaranya ada nama besar seperti Asty Ananta dan Angel Karamoy. Saras sendiri bertahan hingga 6 musim, yang berakhir pada tahun 2002.

4. Panji Manusia Millenium
Mungkin serial film yang satu ini bisa dibilang yang paling berkesan di masanya. Dibintangi oleh Primus Yustisio yang memerankan Panji, film ini tayang dari 1999 sampai sekitar 2001 di RCTI. Panji sendiri bisa menjadi Manusia Millenium setelah mendapatkan gelang super dari Profesor Adam. Kekuatan yang dimiliki mirip dengan Superman, tapi rasa Indonesia. Ia menghadapi Donclo, pemimpin organisasi jahat di serial film ini.
 Setelah ‘Panji Manusia Millenium’, ternyata serial film superhero Indonesia pun ‘mati suri’. Yang bertahan mungkin hanya ada di film indie, seperti Pocongman, yang tenar di Youtube. Hingga akhirnya pada 2013 ini, ‘Bima Satria Garuda’ lahir sebagai superhero baru Indonesia nih.Penasaran kayak gimana film superhero baru ini? Cek lagi yuk teasernya di sini

0 komentar:

Posting Komentar